Bagi pekerja berat (seperti pengetam,petani, kuli bangunan, tukang
becak, nelayan, pembajak tanah dll.) tidak diperbolehkan berbuka puasa
(mokel-java-pen) kecuali bila memenuhi ketentuan-ketentuan berikut ini :
1. Pekerjaannya tidak bisa diundur hingga bulan syawal
2. Ada halangan untuk dikerjakan dimalam hari
3. Terjadi masyaqqat (kesulitan) menurut kebiasaan manusia bila
menjalani puasa hingga dalam batasan masyaqqat yang memperkenankan
baginya tayammum atau menjalani shalat dengan duduk
4. Dimalam hari tetap niat, dipagi hari tetap puasa baru setelah benar-benar tidak kuat boleh berbuka
5. Saat berbuka diniati mencari keringanan hukuman
6. Tidak boleh menyalahgunakan keringanan dalam arti pekerjaannya
dijadikan tujuan atau membebani diri diluar batas kemampuan agar dapat
keringanan berbuka puasa
Bila syarat-syarat diatas tidak terpenuhi maka berdosa baginya berbuka
puasa meskipun diganti dihari-hari selain ramadhan berdasarkan hadits
“Barangsiapa berbuka puasa tanpa adanya udzur ( alasan ) tidak mencukupi
baginya meskipun diganti dengan puasa sepanjang tahun”.
( Oleh : Mazz Rofi’I )
Referensi :
1. Bughyah alMustarsyidiin Hal. 234
2. Busyrol Karim, Juz : 2 Hal : 72
Buhyah alMustarsyidiin Hal. 234
مسألة : لا يجوز الفطر لنحو الحصاد وجذاذ النخل والحراث إلا إن اجتمعت فيه
الشروط. وحاصلها كما يعلم من كلامهم ستة : أن لا يمكن تأخير العمل إلى
شوّال ، وأن يتعذر العمل ليلاً ، أو لم يغنه ذلك فيؤدي إلى تلفه أو نقصه
نقصاً لا يتغابن به ، وأن يشق عليه الصوم مشقة لا تحتمل عادة بأن تبيح
التيمم أو الجلوس في الفرض خلافاً لابن حجر ، وأن ينوي ليلاً ويصحب صائماً
فلا يفطر إلا عند وجود العذر ، وأن ينوي الترخص بالفطر ليمتاز الفطر المباح
عن غيره ، كمريض أراد الفطر للمرض فلا بد أن ينوي بفطره الرخصة أيضاً ،
وأن لا يقصد ذلك العمل وتكليف نفسه لمحض الترخص بالفطر وإلا امتنع ، كمسافر
قصد بسفره مجرد الرخصة ، فحيث وجدت هذه الشروط أبيح الفطر ، سواء كان
لنفسه أو لغيره وإن لم يتعين ووجد غيره ، وإن فقد شرط أثم إثماً عظيماً
ووجب نهيه وتعزيره لما ورد أن : "من أفطر يوماً من رمضان بغير عذر لم يغنه
عنه صوم الدهر
Busyrol Karim, Juz : 2 Hal : 72
وَيَلْزَمُ
أَهْلَ الْعَمَلِ الْمُشِقِّ فِيْ رَمَضَانَ كَالْحَصَّادِيْنَ
وَنَحْوِهِمْ تَبْيِيْتُ النِّيَةِ ثُمَّ إِنْ لَحِقَهُ مِنْهُمْ مَشَقَّةٌ
شَدِيْدَةٌ أَفْطَرَ وَإِلاَّ فَلاَ وَلاَ فَرْقَ بَيْنَ اْلأَجِيْرِ
وَالْغَنِيِّ وَغَيْرِهِ أَوْ الْمُتَبَرِّعِ وَإِنْ وَجَدَ غَيْرَهُ
وَتَأْتَّى لَهُم الْعَمَلُ لَيْلاً اهـ
sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar