Pertanyaan :
Assalamu’alaikum, Bagaimana caranya menggantikan shalat yang tertinggal?
Jawaban :
Wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh.
Dibawah ini kami uraikan ketentuan-ketentuan hukum dan cara mengqodho’ sholat :
1. Kewajiban mengqodho’ sholat yang ditinggalkan.
Orang yang wajib mengerjakan sholat, kemudian ia tidak mengerjakannya
sampai waktunya habis, maka ia diwajibkan mengqodho’ sholat yang ia
tinggalkan, berdasarkan sabda Nabi ;
مَنْ نَسِيَ صَلاَةً فَلْيُصَلِّ إِذَا ذَكَرَهَا، لاَ كَفَّارَةَ لَهَا إِلَّا ذَلِكَ
“Barang siapa yang lupa mengerjakan sholat, maka hendaklah ia
melaksanakannya jika telah mengingatnya, tidak ada tebusan baginya
kecuali itu.” (Shohih Bukhori, no.597 dan Shohih Muslim, no.684)
Dalam riwayat lain dijelaskan ;
إِذَا رَقَدَ أَحَدُكُمْ عَنِ الصَّلَاةِ، أَوْ غَفَلَ عَنْهَا، فَلْيُصَلِّهَا إِذَا ذَكَرَهَا
“Apabila salah seorang dari kalian tertidur hingga luput dari
mengerjakan satu shalat atau ia lupa, maka hendaklah ia menunaikan
sholat tersebut ketika ia ingat.” (Shohih Muslim, no.684)
2. Bergegas mengqodho’ sholat.
Dan diperbolehkan mengakhirkan qodho’ sholat yang ditinggalkan,
apabila sholat tersebut ditinggalakan karena ada udzur, seperti
ketiduran. Ketentuan ini didasarkan pada hadits nabi ;
عَنْ عِمْرَانَ، قَالَ: كُنَّا فِي سَفَرٍ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَإِنَّا أَسْرَيْنَا حَتَّى كُنَّا فِي آخِرِ
اللَّيْلِ، وَقَعْنَا وَقْعَةً، وَلاَ وَقْعَةَ أَحْلَى عِنْدَ المُسَافِرِ
مِنْهَا، فَمَا أَيْقَظَنَا إِلَّا حَرُّ الشَّمْسِ، وَكَانَ أَوَّلَ مَنِ
اسْتَيْقَظَ فُلاَنٌ، ثُمَّ فُلاَنٌ، ثُمَّ فُلاَنٌ – يُسَمِّيهِمْ أَبُو
رَجَاءٍ فَنَسِيَ عَوْفٌ ثُمَّ عُمَرُ بْنُ الخَطَّابِ الرَّابِعُ –
وَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا نَامَ لَمْ
يُوقَظْ حَتَّى يَكُونَ هُوَ يَسْتَيْقِظُ، لِأَنَّا لاَ نَدْرِي مَا
يَحْدُثُ لَهُ فِي نَوْمِهِ، فَلَمَّا اسْتَيْقَظَ عُمَرُ وَرَأَى مَا
أَصَابَ النَّاسَ وَكَانَ رَجُلًا جَلِيدًا، فَكَبَّرَ وَرَفَعَ صَوْتَهُ
بِالتَّكْبِيرِ، فَمَا زَالَ يُكَبِّرُ وَيَرْفَعُ صَوْتَهُ بِالتَّكْبِيرِ
حَتَّى اسْتَيْقَظَ بِصَوْتِهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ، فَلَمَّا اسْتَيْقَظَ شَكَوْا إِلَيْهِ الَّذِي أَصَابَهُمْ،
قَالَ: «لاَ ضَيْرَ – أَوْ لاَ يَضِيرُ – ارْتَحِلُوا»، فَارْتَحَلَ،
فَسَارَ غَيْرَ بَعِيدٍ، ثُمَّ نَزَلَ فَدَعَا بِالوَضُوءِ، فَتَوَضَّأَ،
وَنُودِيَ بِالصَّلاَةِ، فَصَلَّى بِالنَّاسِ
“Dari ‘Imron, ia berkata, Kami pernah dalam suatu perjalanan bersama
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, kami berjalan di waktu malam hingga
ketika sampai di akhir malam kami tidur, dan tidak ada tidur yang paling
enak (nyenyak) bagi musafir melebihi yang kami alami. Hingga tidak ada
yang membangunkan kami kecuali panas sinar matahari. Dan orang yang
pertama kali bangun adalah si fulan, lalu si fulan, lalu seseorang yang
Abu ‘Auf mengenalnya namun akhirnya lupa. Dan ‘Umar bin Al Khaththab
adalah orang keempat saat bangun, Sedangkan Nabi shallallahu ‘alaihi
wasallam bila tidur tidak ada yang membangunkannya hingga beliau bangun
sendiri, karena kami tidak tahu apa yang terjadi pada beliau dalam
tidurnya. Ketika ‘Umar bangun dan melihat apa yang terjadi di tengah
banyak orang (yang kesiangan) -dan ‘Umar adalah seorang yang tegar penuh
keshabaran-, maka ia bertakbir dengan mengeraskan suaranya dan terus
saja bertakbir dengan keras hingga Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam
terbangun akibat kerasnya suara takbir ‘Umar. Tatkala beliau bangun,
orang-orang mengadukan peristiwa yang mereka alami. Maka beliau
bersabda: Tidak masalah, atau tidak apa dan lanjutkanlah perjalanan.
Maka beliau meneruskan perjalanan dan setelah beberapa jarak yang tidak
jauh beliau berhenti lalu meminta segayung air untuk wudlu, beliau lalu
berwudlu kemudian menyeru untuk shalat. Maka beliau shalat bersama orang
banyak.” (Shohih Bukhori, no.344)
Namun disunatkan untuk bergegas mengqodho’ sholat yang ditinggalkan
karena adanya udzur. Sedangkan apabila sholat tersebut ditinggalkan
tanpa adanya udzur maka diwajibkan untuk segera mengqodho’ sholat yang
ditinggalkan menurut pendapat yang shohih.
3. Urutan qodho’ sholat.
Apabila sholat yang ditinggalkan lebih dari satu, disunatkan untuk
mengqodho’ sholat-sholat tersebut berurutan, sesuai dengan waktunya.
Kesunatan ini didasarkan pada hadits ;
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، أَنَّ عُمَرَ بْنَ الخَطَّابِ، جَاءَ
يَوْمَ الخَنْدَقِ، بَعْدَ مَا غَرَبَتِ الشَّمْسُ فَجَعَلَ يَسُبُّ
كُفَّارَ قُرَيْشٍ، قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا كِدْتُ أُصَلِّي
العَصْرَ، حَتَّى كَادَتِ الشَّمْسُ تَغْرُبُ، قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «وَاللَّهِ مَا صَلَّيْتُهَا» فَقُمْنَا إِلَى
بُطْحَانَ، فَتَوَضَّأَ لِلصَّلاَةِ وَتَوَضَّأْنَا لَهَا، فَصَلَّى
العَصْرَ بَعْدَ مَا غَرَبَتِ الشَّمْسُ، ثُمَّ صَلَّى بَعْدَهَا
المَغْرِبَ
“Dari Jabir bin Abdillah rodhiyallohu’anhuma, bahwasannya Umar bin
Khottob rodhiyallohu’anhu datang pada hari peperangan Khondaq setelah
matahari akan tenggelam, lalu beliau mulai mencerca orang-orang kafir
Quraisy (karena menyebabkan para sahabat terlambat sholat ashar), beliau
berkata: “Wahai Rosulullah, aku belum melakukan sholat ashar padahal
matahari hampir tenggelam.” Nabi shollallohu’alaihi wa sallam bersabda:
“Aku pun belum sholat ashar.” Maka kami bangkit menuju lembah buthhan,
lalu Nabi shollallohu’alaihi wa sallam berwudhu untuk sholat, kami pun
ikut berwudhu, lalu Rosulullah shollallohu’alaihi wa sallam melakukan
sholat ashar setelah matahari terbenam (di waktu maghrib), kemudian
setelah itu beliau sholat maghrib.” (Shohih Bukhori, no.596)
4. Tata cara sholat qodho’.
Cara mengerjakan sholat qodho’ itu sama saja dengan sholat ada’
(sholat yang dikerjakan pada waktunya) dalam semua hal, mulai dari
syarat sah sampai rukun-rukunnya. Sedikit perbedaannya terletak pada
niatnya, dalam sholat qodho’ disunatkan untuk mengganti kata “ada’an”
dengan kata “qodho’an”. Namun, hal ini tidak wajib, sebab dalam madzhab
syafi’i tidak diwajibkan untuk menyinggung ada’ atau qodho’ ketika niat,
hanya saja penambahan kata “qodho’an” dianjurkan untuk menghindari
perselisihan seputar diwajibkannya penambahan tersebut.
(Dijawab oleh : Siroj Munir, NaufalAlbarinji Sebuah ManuskripKehidupan dan Mazz Rofii)
Referensi :
1. Al Majmu’ Syarah Al Muhadzdzab, Juz : 3 Hal : 68-69
2. At Taqrirot Asy Syadidah, Hal : 210
3. Al Muhadzdzab, Juz : 1 Hal : 134-135
Ibarot :
Al Majmu’ Syarah Al Muhadzdzab, Juz : 3 Hal : 68-69
قال المصنف رحمه الله : ومن وجب عليه الصلاة فلم يصل حتى فات الوقت لزمه
قضاؤها لقوله صلى الله عليه وسلم (من نام عن صلاة أو نسيها فليصلها إذا
ذكرها) والمستحب أن يقضيها على الفور للحديث الذي ذكرناه فإن أخرها جاز لما
روي أن النبي صلى الله عليه وسلم فاتته صلاة الصبح فلم يصلها حتى خرج من
الوادي ولو كانت على الفور لما أخرها وقال أبو إسحاق إن تركها بغير عذر
لزمه قضاؤها على الفور لأنه مفرط في التأخير والمستحب أن يقضيها على
الترتيب لأن النبي صلى الله عليه وسلم فاتته أربع صلوات يوم الخندق فقضاها
على الترتيب فإن قضاها من غير ترتيب جاز لأنه ترتيب استحق للوقت فسقط بفوات
الوقت كقضاء الصوم وإن ذكر الفائتة وقد ضاق وقت الحاضرة لزمه أن يبدأ
بالحاضرة لأن الوقت تعين لها فوجبت البداءة بها كما لو حضره رمضان وعليه
صوم رمضان قبله ولأنه إذا أخر الحاضرة فاتت فوجبت البداءة بها
…………………………..
الشرح : أما الحديث الأول فصحيح ففي صحيح البخاري عن أنس عن النبي صلى
الله عليه وسلم قال (من نسي صلاة فليصل إذا ذكر) وفي صحيح مسلم عن النبي
صلى الله عليه وسلم قال (إذا رقد أحدكم عن الصلاة أو غفل عنها فليصلها إذا
ذكرها) وأما الحديث الثاني ففي الصحيحين عن عمران بن حصين رضي الله عنهما
قال (كنا في سفر مع النبي صلى الله عليه وسلم وإنا أسرينا حتى كنا في آخر
الليل وقعنا وقعة ولا وقعة أحلا عند المسافر منها فما أيقظنا إلا حر الشمس
فلما استيقظ النبي صلى الله عليه وسلم شكوا إليه الذي أصابهم فقال لا ضير
ولا ضرر ارتحلوا فارتحلوا فسار غير بعيد ثم نزل فدعا بالوضوء فتوضأ ونودي
بالصلاة فصلى بالناس) وأما حديث فوات أربع صلوات يوم الخندق فرواه الترمذي
والنسائي من رواية أبي عبيدة بن عبد الله بن مسعود عن أبيه وأبو عبيدة لم
يسمع أباه فهو حديث منقطع لا يحتج به ويغني عنه حديث جابر رضي الله عنه أن
عمر بن الخطاب رضي الله عنه جاء يوم الخندق بعدما غربت الشمس فجعل يسب كفار
قريش وقال يا رسول الله ما كدت أصلي العصر حتى كادت الشمس تغرب فقال النبي
صلى الله عليه وسلم (والله ما صليتها فقمنا إلى بطحان فتوضأ للصلاة
وتوضأنا لها فصلى العصر بعدما غربت الشمس ثم صلى بعدها المغرب) رواه
البخاري ومسلم قوله البداية لحن عند أهل العربية والصواب البداءة بضمن
الباء والمد والبدأة بفتحها وإسكان الدال بعدها همزة والبدوءة ممدودة ثلاث
لغات حكاهن الجوهري وغيره
أما حكم الفصل ففيه مسألتان إحداهما من لزمه صلاة ففاتته لزمه قضاؤها سواء
فاتت بعذر أو بغيره فإن كان فواتها بعذر كان قضاؤها على التراخي ويستحب أن
يقضيها على الفور قال صاحب التهذيب وقيل يجب قضاؤها حين ذكر للحديث والذي
قطع به الأصحاب أنه يجوز تأخيرها لحديث عمران ابن حصين وهذا هو المذهب وإن
فوتها بلا عذر فوجهان كما ذكر المصنف أصحهما عند العراقيين أنه يستحب
القضاء على الفور ويجوز التأخير كما لو فاتت بعذر وأصحهما عند الخراسانيين
أنه يجب القضاء على الفور وبه قطع جماعات منهم أو أكثرهم ونقل إمام الحرمين
اتفاق الأصحاب عليه وهذا هو الصحيح لأنه مفرط بتركها ولأنه يقتل بترك
الصلاة التي فاتت ولو كان القضاء على التراخي لم يقتل
At Taqrirot Asy Syadidah, Hal : 210
لا تجب نية إضافة الصلاة لله سبحانه وتعالى, ولا نية تعيين عدد الركعات,
ولا نية استقبال القبلة, ولا نية الأداء أوالقضاءو بل كل ذلك سنة
Al Muhadzdzab, Juz : 1 Hal : 134-135
ولا يلزمه أن ينوي الأداء والقضاء ومن أصحابنا من قال يلزمه نية القضاء
والأول هو المنصوص فإنه قال فمن صلى في يوم غيم بالاجتهاد فوافق ما بعد
الوقت أنه يجزيه وإن كان عنده أنه يصليها في الوقت
Shalat Qadha 5 Waktu di Jum’at Terakhir Bulan Ramadhan.
Mengenai shalat kafarat (mengqodlo sholat lima waktu) adalah
kebiasaan yang dilakukan oleh beberapa sahabat, diantaranya oleh Ali bin
Abi Thalib kw, dan terdapat sanad yang muttashil dan tsiqah kepada Ali
bin Abi Thalib kw bahwa beliau melakukannya di Kufah. Dan yang
memproklamirkan kembali hal ini adalah AL Imam Al Hafidh Al Musnid
Abubakar bin Salim rahimahullah, yaitu dilakukan pada setelah shalat
jumat, pada hari jumat terakhir di bulan ramadhan, mengQadha shalat lima
waktu, Tujuannya adalah barangkali ada dalam hari hari kita shalat yang
tertinggal, dan belum di Qadha, atau ada hal hal yang membuat batalnya
shalat kita dan kita lupa akannya maka dilakukan shalat tersebut.
Mereka melakukan hal itu menilik keberkahan dan kemuliaan waktu hari
jumat dan bulan Ramadhan. Adapun tatacaranya adalah sholat dengan niat
qadha` . pertama sholat dhuhur, kemudian setelah salam langsung bangun
sholat ashar qadha` dan begitu seterusnya sampai sholat subuh.
Barangsiapa selama hidupnya pernah meninggalkan sholat tetapi tak
dapat menghitung jumlahnya, maka sholatlah di hari Jum’at terakhir bulan
Ramadhan sebanyak 4 rakaat dengan 1x tasyahud (tasyahud akhir saja),
tiap rakaat membaca 1 kali Fatihah kemudian surat Al-Qadar 15x dan surat
Al-Kautsar 15x .
Niatnya: ”Nawaitu Usholli arba’a raka’atin kafaratan limaa faatanii minash-shalati lillaahi ta’alaa”.
MengQadha shalat tentunya wajib hukumnya bagi mereka yang
meninggalkan shalat, namun tidak ada larangannya melakukan shalat fardhu
kembali karena hukum shalat i’adah adalah hal yang diperbolehkan. Dan
selama hal ini pernah dilakukan oleh para sahabat maka pastilah Rasul
saww. yang mengajarkannya, mengenai tak teriwayatkannya pada hadits
shahih maka hal itu tak bisa menafikan hal ini selama terdapat sanad
yang tsiqah dan muttashil pada sahabat atau tabiin.
Sebab hadits yang ada kini tak sampai 1% dari hadits hadits Rasul saww.
yang ada dizaman sahabat, Anda bisa bayangkan Jika Imam Ahmad bin Hanbal
telah hafal 1 juta hadits dengan sanad dan hukum matannya, namun ia
hanya mampu menulis sekitar 20 ribu hadits pada musnadnya, sisanya tak
tertulis, lalu kemana 980 ribu hadits lainnya?, sirna dan tak
tertuliskan, demikian pula Imam Bukhari yang hafal lebih dari 600 ribu
hadit dengan sanad dan hukum matannya namun beliau hanya mampu
menuliskan sekitar 7000 hadits pada shahihnya dan beberapa hadits lagi
pada buku-buku beliau lainnya, lalu kemana 593 ribu hadits lainnya?
Sirna dan tak sempat tertuliskan, Namun ada tulisan tulisan dan riwayat
sanad yang dihafal oleh
murid-murid mereka, disampaikan pula pada murid murid berikutnya, nah
demikianlah sanad yang sampai saat ini tanpa teriwayatkan dalam hadits
shahih. Tentunya jalur mereka yang tak sempat terdata secara umum, namun
masih tersimpan jalurnya dengan riwayat tsiqah dan muttashil kepada
para sahabat. Hal ini merupakan Ikhtilaf, boleh mengamalkannya dan boleh
meninggalkannya.
Setelah sholat sehabis salam membaca shalawat Nabi sebanyak 100 kali
dengan shalawat apa saja, membaca Basmalah, Hamdalah, Istighfar,
Yyahadat dan Doa ini tiga kali :
اللهم يا من لا تنفعك طاعتي ولا تضرك معصيتي تقبل مني ما لا ينفعك واغفر
لي ما لا يضرك، يا من إذا وعد وفى، وإذا توعد تجاوز وعفا، اغفرلعبد ظلم
نفسه، وأسألك اللهم إني أعوذ بك من بطر الغنى وجهد الفقر، إلهي خلقتني ولم
أك شيئا، ورزقتني ولم أك شيئا، وارتكبت المعاصي، فإني مقر لك بذنوبي، فإن
عفوت عني فلا ينقص من ملكك شيئا، وإن عذبتني فلا يزيد في سلطانك شيئا، إلهي
أنت تجد من تعذبه غيري وأنا لا أجد من يرحمني غيرك اغفر لي ما بيني وبينك و
اغفر لي ما بيني وبين خلقك، يا أرحم الراحمين ويا رجاء السائلين ويا أمان
الخائفين ارحمني برحمتك الواسعة، أنت أرحم الراحمين يا رب العالمين، اللهم
اغفر للمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات وتابع بيننا وبينهم
بالخيرات، رب اغفر وارحم وأنت أرحم الراحمين، وصلى الله على سيدنا محمد
وعلى آله وصحبه وسلم تسلما كثيرا.
Allahumma yaa man laa tan-fa’uka thaa’atii wa laa tadhurruka
ma’shiyatii taqabbal minnii maa laa yanfa’uka waghfirlii maa laa
yadhurruka yaa man idzaa wa ‘ada wa fii, wa idzaa tawa’ada tajaawaza
wa’afaa ighfirli’abdin zhaalama nafsahu, wa as’aluka. Allahumma innii
a’uudzubika min bathril ghinaa wa jahdil faqri, ilaahii khalaqtanii wa
lam aku syai’an, wa razaqtanii wa lam aku syaii’in, wartakabtu
al-ma’ashii, fa-innii muqirun laka bi-dzunuubii,. Fa in ‘afawta ‘annii
falaa yanqushu min mulkika syai’an, wa-in adzdzaabtanii falaa yaziidu
fii sulthaanika syay-’an, Ilaahii anta tajidu man tu’adzdzibuhu ghayrii
wa-anaa laa ajidu man yarhamanii ghaiyraka ighfirlii maa baynii wa
baynaka waghfirlii ma baynii wa bayna khalaqika yaa arhamar rahiimiin wa
yaa raja’a sa’iliin wa yaa amaanal khaifiina irhamnii birahmatikaal
waasi’aati anta arhamur rahimiin yaa rabbal ‘aalaamiin. Allahummaghfir
lil mukminiina wal mukminaat wal musliimina wal muslimaat wa tabi’
baynana wa baynahum bil khaiyrati rabbighfir warham wa anta
khairur-rahimiin wa shallallaahu ‘alaa sayidina Muhammadin wa ‘alaa
alihii wa shahbihi wasallama tasliiman katsiiran amiin. (3kali)
Artinya; Yaa Allah, yang mana segala ketaatanku tiada artinya bagiMu
dan segala perbuatan maksiatku tiada merugikanMu. Terimalah diriku yang
tiada artinya bagiMu. Dan ampunilah aku yang mana ampunanMu itu tidak
merugikan bagiMu. Ya Allah, bila Engkau berjanji pasti Engkau tepati
janjiMu. Dan apabila Engkau mengancam, maka Engkau mau mengampuni
ancamanMu. Ampunilah hambaMu ini yang telah menyesatkan diriku sendiri,
aku telah Engkau beri kekayaan dan aku mengumpat di saat aku Engkau beri
miskin. Wahai Tuhanku Engkau ciptakan aku dan aku tak berarti apapun.
Dan Engkau beri aku rizki sekalipun aku tak berarti apa-apa, dan aku
lakukan perbuatan semua ma’siat dan aku mengaku padaMu dengan segala
dosa-dosaku. Apabila Engkau mengampuniku tidak mengurangi keagunganMu
sedikitpun, dan bila Kau siksa aku maka tidak akan menambah kekuasaanMu,
wahai Tuhanku, bukankah masih banyak orang yang akan Kau siksa selain
aku. Namun bagiku hanya Engkau yang dapat mengampuniku. Ampunilah
dosa-dosaku kepadaMu. Dan ampunilah segala kesalahanku di antara aku
dengan hamba-hambaMu. Ya Allah Yang Maha Pemurah dan Maha Pengasih dan
tempat pengaduan semua pemohon dan tempat berlindung bagi orang yang
takut. Kasihanilah aku dengan pengampunanMu yang luas. Engkau yang Maha
Pengasih dan Penyayang dan Engkaulah yang memelihara seluruh alam yang
ada. Ampunilah segala dosa-dosa orang mu’min dan mu’minat, muslimin dan
muslimat dan satukanlah aku dengan mereka dalam kebaikan. Wahai Tuhanku
ampunilah dan kasihilah. Sesungguhnya Engkau Maha Pengasih lagi Maha
Penyayang. Washollallahu ‘Ala sayyidina Muhammadin wa’ala alihi
wasohbihi wasalim tasliiman kasiira. Amin. Diambil dari kitab
“Majmu’atul Mubarakah”, susunan Syekh Muhammad Shodiq Al-Qahhawi.
(oleh: Habib Munzir al-Musawa dan dari berbagai sumber lainnya.)
Penulis : Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus.
محمد سلفى بن أبو نوار العيدروس
sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar